Rabu, 06 Desember 2017

Pengertian dan Fungsi Kurikulum


         A. Pengertian Kurikulum

1.      Kurikulum Menurut Bahasa
Kurikulum dikenal istilah dalam dunia pendidikan sejak kurang lebih satu abat yang lalu. Menurut bahasa kurikulum berasal dari bahasa latin yaitu “curriculume” yang artinya sebagai jarak yang harus ditempuh oleh pelari oleh kereta atau pelari dalam perlombaan. Pada waktu itu pengertian kurikulum adalah jangka waktu pendidikan yang harus ditempuh oleh siswa yang bertujuan untuk mendapatkan ijazah.[1]
Semula kurikulum digunakan dalam bidang olah raga, kemudian dipakai oleh dunia pendidikan,
Di indonesia istilah kurikulum baru dikatakan populer sejak tahun 50an yang dipopulerkan oleh mereka yang mendapat pendidian di Amerika Serikat. Kini istilah kurikulum sudah dikenal oleh  orang diluar pendidikan yang pada hakikatnya kurikulum sama artinya dengan rencana pelajaran.[2]
2.      Kurikulum Menurut  Beberapa Ahli
a.       J. Galen Saylor dan William M. Dalam buku “Curriculum Planning For Better Teaching And Learning”, kurikulum adalah segala usaha sekolah untuk mempengaruhi anak belajar apakah didalam kelas, diluar kelas, atau dihalaman kelas termasuk kurikulum.[3]
b.      B. Othanel Smith W.O. Stanley and J. Harlen Shores. Kurikulum adalah sejumlah pengalaman yang secara potensial dapat diberikan pada anak dan pemuda agar mereka dapat berfikir dan berbuat sesuai dengan masyarakatnya.
Oemar hamalik, kurikulum dan pembelajaran, (Jakarta : bumi aksara , 2011), cet 11, hal 16
c.       William B. Ragan, dalam buku “Modren Elementary Curriculum” kurikulum dalam arti luas adalah yang meliputi seluruh program dan kehidupan dalam sekolah. Yakni segala pengalaman anak dibawah tanggung jawab sekolah.
d.      Winarno Surahmad, mengemukakan bahwa kurikulum adalah program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan tertentu.[4]

Dari beberapa pendapat para ahli tentang pengertian kurikulum dapat dilihat kesamaan yaitu bahwa kurikulum berhubungan erat dengan usaha mengembangkan peserta didik sesuai dengan tujuan yang inin dicapai. Dari pengertian diatas juga dapat dikatakan bahwa kurikulum  bukan hanya melipiti semua kegiatan yang direncanakan melainkan juga peristiwa-peristiwa yang terjadi dibawah pengawasan sekolah.

B. Fungsi  Kurikulum
Dalam proses pembelajaran kurikulum menduduki tempat terpenting, karena dengan adanya kurikulum maka anak dengan individu yang berkembang akan mendapat manfaat yang besar.
Selain itu kurikulum juga memiliki  fungsi tertentu yaitu :
1.      Fungsi Kurikulum Dalam Rangka Mencapai Tujuan Pendidikan
Kurikulum pada dasarnya merupakan suatu alat atau usaha untuk mencapau tujuan pendidikan yang diinginkan oleh suatu sekolah tertentu. Dengan kata lain jika tujuan tersebut tidak dpai dicapai maka orang cenderung untuk meninjau kembali alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain meninjau kurikulumnya.[5]

2.      Fungsi Kurikulum Bagi Anak
Kurikulum sebagi organisasi belajar, dengan harapan agar anak-anak mendapat pengalaman baru yang suatu hari nanti dapat dikembangkan kembali sesuai dengan perkembangan anak.

3.      Fungsi Kurikulum Bagi Guru
Untuk guru kurikulum berfungsi sebagai pedoman kerja dalam menyusun dan mengorganisir pengalaman belajar bagi anak didiknya.[6]

4.      Fungsi Kurikulum Bagi Kepala Sekolah
Bagi kepala sekolah kurikulum berfungsi sebagai pedoman untuk mengadakan evaluasi kemajuan belajar mengajar, sebagai pedoman dalam melakukan perbaikan situasi belajar mengajar,

5.      Fungsi Kurikulum Bagi Orang Tua Murid
Dengan adanya kurikulum agar orang tua dapat ikut serta dalam membantu usaha sekolah untuk memajukan putra-putrinya.[7]


2Oemar Hamalik, Kurikulum Dan Pembelajaran, (Jakarta : Bumi Aksara, 2011), cet 11,       hal 15
[2] S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum, (Jakarta : Bumi Aksara, 2003), Cet 5, Hal 2
[3] Hendyat Soetopo, Pembinaan Dan Pengembangaan Kurikulum, (Jakarta : Bumi Aksara, 1991), Cet 3, Hal 13
[4] S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum, Hal 5
[5] Hendyat Soetopo, Pembinaan Dan Pengembangaan Kurikulum, Hal 17
[6] Ibrahim Dan Beni Karyadi, Pengembangan Inovasi Dan Kurikulum 1, (Jakarta : Universitas Terbuka, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1991), Hal 8
[7] Hendyat Soetopo, Pembinaan Dan Pengembangaan Kurikulum, Hal 18-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas UAS TIK

Janganlah Lukai Perkembangan Psikologi Anak  Perkembangan psikologi anak usia dini sangat lah penting. Dimana anak banyak menirukan sesuatu...