RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MADRASAH IBTIDAIYAH
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas
/ Semester : III / 1
Materi
Pokok : Lingkungan alam dan buatan
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1 Memahami
lingkungan alam dan buatan
|
1.1.1 Siswa dapat menjelaskan pengertian lingkungan alam
dan buatan
1.1.2 Siswa dapat menyebutkan macam-macam lingkungan
alam dan buatan
1.1.3 Siswa dapat menjelaskan manfaat lingkungan
alam dan buatan
1.1.4 Siswa dapat menjelaskan cara memelihara lingkungan alam dan buatan
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran selesai siswa
diharapkan mampu menjelaskan
pengertian lingkungan alam dan buatan, macam-macam serta manfaat lingkungan
alam dan buatan serta cara melestarikannya.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Lingkungan
alam dan buata
2.
Macam-macam
lingkungan alam dan buatan
3.
Manfaat
lingkungan alam dan buatan
4.
Cara
melestarikan lingkungan alam dan buatan
E.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Metode
pembelajaran :Cooperatif
2.
Teknik
pembelajaran : Ceramah,
tanya jawab, diskusi,
F.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media : Gambar, Slide
2.
Alat
: Laptop, LCD,
Spidol dan Papan Tulis
3.
Sumber
belajar : Buku IPS kelas III penerbit Yudistira
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru
mengucapkan salam dan memanggil salah satu peserta didik untuk memimpin doa
b.
Guru
mengabsen peserta didik sambil menanyakan kabar
c.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
d.
Menyampaikian
tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan inti
Mengamati
a.
Mengamati
prilaku siswa dalam belajar
b.
Mengamati
kemampuan siswa dalam menerima materi pembelajaran
Menanya
a.
Menanyakan
pengertian lingkungan buatan
b.
Memberi
tanggapan atas pertanyaan yang di ajukan oleh guru / teman sekelas
Mengeksplorasi
a.
Mengumpulkan
data dari berbagai informasi berkaitan dengan lingkungan alam danbuatan
b.
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber
Mengkomunikasikan
a.
Mempersentasikan
kesimpulan dari berbagai temuan
b.
Menyampaikan
hasil belajar atau hasil temuan tentang lingkungan alam dan buatan
|
45 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Peserta
didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
b.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan perbaikan
langkah selanjutnya
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
d.
Mengkondisikan
peserta didik untuk membaca doa setelah belajar
e.
Menutup
pembelajaran dengan salam.
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Observasi
Materi : lingkungan
alam dan buatan
No
|
Nama
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Nilai
|
Peringkat
|
||||||
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai
1.
Keaktifan
2.
Kerjasama
3.
Keberanian
pendapat
4.
Menendalikan
diri
5.
Menghormati
pendapat orang lain.
Petunjuk
skor
Jawaban
yang diberikan 1 dan 0 terhitung skor akhir
|
Mengetahui Metro,
April 2017
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Nurul
Afifah Kelompok 5
NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar