Karakteristik Pembelajaran Tematik (terpadu)
Sebagai suatu model pembelajaran di
sekolah dasar, pembelajaran tematik memiliki karakteristik-karakteristik
sebagai berikut:
a.
Berpusat pada anak
Pembelajaran terpadu memposisikan
siswa sebagai pusat dari kegiatan pembelajaran. Artinya pembelajaran dirancang
dengan memperhatikan aspek anak ditinjau dari segi tujuan dan proses
pembelajaran. Pembelajaran tematik berpusat pada siswa (student centered), hal
ini sesuai dengan pendekatan belajar modern yang lebih banyak menempatkan siswa
sebagai subyek belajar, sedangkan guru lebih banyak berperan sebagai
fasilitator yaitu memberikan kemudahan-kemudahan kepada siswa untuk melakukan
aktivitas belajar.
b.
Pengalaman langsung
Pembelajaran tematik memberikan
peluang yang besar kepada anak untuk memeperoleh pengalaman langsung atas
materi yang dipelajarinya. Dengan demikian pemebelajaran lebih bermakna untuk
anak.
c.
Pemisahan mata pelajaran tidak
begitu jelas
Dalam pembelajaran tematik pemisahan antar mata
pelajaran menjadi tidak begitu jelas.Fokus pembelajaran diarahkan kepada
pembahasan tema-tema yang paling dekat berkaitan dengan kehidupan siswa.
d.
Menyajikan konsep dari berbagai mata
pelajaran.
Proses pembelajaran tematik menyajikan konsep-konsep
dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran. Dengan demikian,
siswa dapat memahami konsep-konsep tersebut secara utuh. Hal ini diperlukan
untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam
kehidupan sehari-hari.
e.
Fleksibel
Prinsip fleksibelitas dalam
pembelajaran tematik artinya pemebelajaran tidak terfokus pada satu mata
pelajaran, variasi kegiatan belajar baik secara pendekatan dan metode maupun
tempat belajar, penemuan topik atau tema bisa menggunakan lebih dari satu cara.
f.
Menggunakan prinsip belajar sambil
bermain dan menyenangkan
Pembelajaran tematik mengadopsi prinsip belajar PAKEM yaitu pembelajaran
aktif, kreatif, efektif, dan dan menyenangkan.
ü Aktif :
Bahwa dalam pembelajaran peserta didik aktif secara fisik dan mental dalam hal
mengemukakan penalaran (alasan), menemukan kaitan yang satu dengan yang lain,
mengkomunikasikan ide/gagasan, mengemukakan bentuk representasi yang tepat dan
menggunakan semua itu untuk memecahkan masalah.
ü Efektif
artinya berhasil mencapai tujuan sebagaimana yang diharapkan.
ü Kreatif
berarti dalam pembelajaran peserta didik melakukan serangkaian proses
pembelajaran secara runtut dan berkesinambungan.
ü Menyenagkan
bertarti terpesona dalam keindahan, kenyamanan dan kemanfaatannya sehingga
mereka terlibat dengan asyik dalam belajar sampai lupa waktu, penuh percaya
diri dan tertantang untuk melakukan hal yang serupa atau hal-hal yang lebih
berat lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar