Kamis, 16 November 2017

Konsep Dasar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



A.    Konsep Dasar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
a.      Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam rangka mengimplementasikan program pembelajaran yang sudah dituangkan disilabus, guru harus menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP adalah rencana yang digunakan guru untuk merealisasikan rancangan yang telah disusun dalam silabus. RPP dapat dijadikan pemantau proses belajar mengajar itu sendiri dalam hal kemungkinan keefektifannya dalam mencapai ketuntasan kompetensi.  [1] Adapun penegrtian lain tentang perencanaan pembelajaran (RPP) ialah suatu keseluruhan proses pemikiran dan penentuan semua aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan pada masa datang untuk mencapai kompetensi dasar dalam satu semester.[2]
Sebagaimana rencana pembelajaran pada umumnya, rencana pemeblajaran berbasis kompetensi melalui pendekatan kontekstual dirancang oleh guru yang akan melaksanakan pembelajaran di kelas yang berisi scenario tentang apa yang akan dilakukan siswanya sehubungan topik yang akan dipelajari. [3]

b.      Komponen-Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) itu sendiri memiliki komponen-komponen. Komponenkomponen tersebut adalah sebagai berikut:
a)      Identitas mata pelajaran
Identitas mata pelajaran meliputi :  satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, dan alokasi waktu

b)      Standar kompetensi
Satandar kompetensi kemampuan minimal peserta didik yang di kualifikasi yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dicapai pada setiap kelas.

c)      Kompetensi dasar
Merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam mata pelajaran untuk rujukan penyusunan indikator pelajaran.

d)     Indikator pencapaian kompetensi
Perilaku yang dapat diukur untuk menunjukkan keterampilan kompetensi dasar untuk dasar penilaian mata pelajaran.

e)       Tujuan pembelajaran
Menggambarkan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai kompetensi.

f)       Materi ajar
Memuat konsep, prinsip, fakta, dan prosedur yang relevan dengan indikator pencapaian kompetensi.

g)      Alokasi waktu
Alokasi waktu adalah waktu yang di tentukan untuk mencapai kompetensi dasar pada peserta didik.

h)      Metode pembelajaran
Ini digunakan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan agar peserta ddik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan. Pemilihan disesuaikan situasi dan kondisi peserta didik.

i)        Kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembelajaran terdiri dari dari:
1.       Pendahuluan
Adalah langkah awal yang dilakukan untuk memulai kegiatan pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan motivasi pada peserta didik agar fokus pada setiap mata pelajaran.
2.       Inti
Kegiatan ini adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai kompetensi dasar yang dilakukan secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan.
3.       Penutup
Kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran dalam bentuk rangkungan dan kesimpulan



j)        Penilai hasil belajar
Adalah penilaian proses hasil belajar yang disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi.

k)      Sumber belajar
Penentuan sumber belajar pada suatu kompetensi dasar  serta materi ajar dan kegiatan pembelajaran.[4]

c.       Prinsip-Prinsip Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Prinsip yang terkandung dalam RPP, yaitu sebagai berikut:
1.      Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi, bakat, potensi, norma, nilai, lingkungan peserta didik dll.

2.      Mendorong partisipasi aktif peserta didik
Proses pembelajaran rancang memusatkan pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, dan semngat belajar.

3.      Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai tulisan.

4.      Memberi umpan balik dan tindak lanjut
Rencana pelaksanaan pembelajaran memuat rancangan program pemberian umpan balik, penguatan, pengayaan dan remidi.

5.      Keterkaitan dan kleterpaduan
Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan anatara standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian dan sumber belajar dalam satu kesatuan pengalaman belajar.

6.      Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun dengan memperhatikan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara sistematis dan efektif sesuai dengan kondisi dan situasi.[5]

d.      Langkah-Langkah Penyusunan RPP
Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam penyusunan RPP adalah sebagai berikut:
1.      Mencantumkan identitas
·         Nama sekolah
·         Mata pelajaran
·         Kelas/semester
·         Standar kompetensi
·         Kompetensi dasar
·         Indikator
·         Alokasi waktu

2.      Mencantumkan tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran berisi penguasaan yang operasional yang dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau bebrapa tujuan.

3.      Mancantumkan materi pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.
4.      Mencantumkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/ pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

5.      Mencantumkan sumber belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.

6.      Mencantumkan penilaian
Penilai dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data


[1] Ibid., h. 69
[2] Sugeng Listyo Prabowo, Perencanaan Pembelajaran, (Malang: UIN MALIKI PRESS, 2010), hal 1
[3] Masnur Muslich, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), h. 53
[4] Dini Rosdiyani, Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, (Bandung: Alfabeta, 2013), h. 102-104
[5] Dini Rosdiyani, Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, (Bandung: Alfabeta, 2013), h. 104-105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas UAS TIK

Janganlah Lukai Perkembangan Psikologi Anak  Perkembangan psikologi anak usia dini sangat lah penting. Dimana anak banyak menirukan sesuatu...