A.
Perbedaan Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi
Dalam proses belajar akan selalu terkandung didalamnya unsur
penilaian (evaluation), dijantung penilaian inilah terletak keputusan yaitu
keputusan yang didasarkan atas values (nilai-nilai). Dalam proses penilaian
dilakukan pembandingan antara informasi-informasi yang tersedia dengn kriteria-kriteria
tertentu untuk ditarik kesimpulan.
1.
Pengukuran
Menurut Wandt dan Brown (1977), pengukuran adalah suatu proses atau
tindakan untuk menentukan luas atau kuantitas dari sesuatu. Pengukuran menurut
Cangelosi (1995), pengukuran adalah proses pengumpulan data melalui pengamatan
empiris untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan tujuan yang telah
ditentukan.serta menurut miller (2008), mengatakan bahwa pengukuran adalah
deskripsi kuantitatif prestasi individu dari peserta didik pada tes tunggal atau
beberapa tes penilaian. Hasil dari pengukuran adalah angka maka dapat
dipahami bahwa pengukuran bersifat kuantitatif. Jadi dapat dikatakan bahwa
pengukuran pada dasarnya adalah kegiatan atau proses untuk menentukan kuantitas
atau jumlah dari sesuatu, atau untuk memberikan jawaban atas pertanyaan “How much?”, yang disesuaikan dengan
kriteria-kriteria tertentu yang sesuai dengan objek yang diukur.
2.
Penilaian
Penilaian dalam bahasa inggris dikenal dengan “assessment”, yang
berarti menilai sesuatu. Menurut Djaali dan Pudji Muljono (2007) mengatakan
bahwa penilaian berarti mengambil keputusan terhadaap sesuatu dengan mengacu
pada ukuran tertentu seperti menilai baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai
atau bodoh, tinggi atau rendah dan lain sebagainya. Menurut Ign Masidjo (1995),
penilaian adalah suatu kegiatan membandingkan
hasil pengukuran sifat dengan acuan yang relevan sehingga diperoleh
kuantitas suatu objek yang bersifat kualitatif, sedangkan menurut Griffin dan
Nix (1991), penilaian merupakan suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk
menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu.
Penilaian adalah suatu proses atau tindakan untuk menentukan nilai
dari sesuatu. Jadi dapat dijelaskan bahwa penilaian adalah kegiatan atau proses
untuk mentukan kualitas atau mutu dari sesuatu, atau untuk memberikan jawaban
atas pertanyaan (What value?). atau penilaian juga dapat disimpulkan sebagai
kegiatan membandingkan atau menerapkan hasil pengukuran untuk memberikan nilai
terhadap objek penilaian dalam konteks pembelajaran.
3.
Evaluasi
Evaluasi dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah “evaluation”.
Evaluasi secara umum dapat diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan
nilai sesuatu (tujuan, kegiatan, keputusan, untuk kerja, proses, orang, ataupun
objek) berdasarkan kriteria tertentu.
Evaluasi pendidikan adalah proses atau kegiatan untuk mengukur dan
menilai kemampuan siswa dalam pembelajaran seperti pengetahuan, sikap, dan
keterampilan untuk membuat keputusan tentang status kemampun siswa tersbut.
Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa perbedaan antara pengukuran,
penilaian, dan evaluasi adalah :
Pengukuran adalah suatu proses atau tindakan untuk menentukan luas
atau kuantitas dari sesuatu. Untuk penilainan, Ruang lingkup penilaian lebih
sempit dan biasanya hanya terbatas pada salah satu komponen atau aspek saja,
seperti prestasi belajar peserta didik, sedangkan ruang lingkup evaluasi lebih
luas, mencakup semua komponen dalam suatu sistem (sistem pendidikan, sistem
kurikulum, sistem pembelajaran).
Agar lebih jelas perbedaaanya maka perlu dispesifikasi lagi untuk
pengertian masing-masing secara lebih ringkas sebagaai berikut :
a.
Evaluasi
pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria
judgment antara tindakan dalam pembelajaran.
b.
Penilaian
dalam pembelajaran adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi
secara berkala, berkesinambungan, menyeluruh tentng proses dan hasil dari
pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program
kegiatan belajar.
c.
Pengukuran
adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang
bersifat numerik.
Dari
pengertian diatas, maka sudah jelas bahwa pengukuran, penilaian dan evaluasi
merupakan tiga konsep yang berbedanamun demikian dalam prakteknya dalam dunia
pendidikan ketiga konsep tersebut sering dipraktikkan dalam satu rangkaian
kegiatan dan ketiga rangkaian tersebut bersebut hierarki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar