Kamis, 07 Desember 2017

Perbedaan Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi



A.    Perbedaan Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi
Dalam proses belajar akan selalu terkandung didalamnya unsur penilaian (evaluation), dijantung penilaian inilah terletak keputusan yaitu keputusan yang didasarkan atas values (nilai-nilai). Dalam proses penilaian dilakukan pembandingan antara informasi-informasi yang tersedia dengn kriteria-kriteria tertentu untuk ditarik kesimpulan.

1.      Pengukuran
Menurut Wandt dan Brown (1977), pengukuran adalah suatu proses atau tindakan untuk menentukan luas atau kuantitas dari sesuatu. Pengukuran menurut Cangelosi (1995), pengukuran adalah proses pengumpulan data melalui pengamatan empiris untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan tujuan yang telah ditentukan.serta menurut miller (2008), mengatakan bahwa pengukuran adalah deskripsi kuantitatif prestasi individu dari peserta didik pada tes tunggal atau beberapa tes penilaian. Hasil dari pengukuran adalah angka maka dapat dipahami bahwa pengukuran bersifat kuantitatif. Jadi dapat dikatakan bahwa pengukuran pada dasarnya adalah kegiatan atau proses untuk menentukan kuantitas atau jumlah dari sesuatu, atau untuk memberikan jawaban atas pertanyaan “How much?”, yang disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu yang sesuai dengan objek yang diukur.

2.      Penilaian
Penilaian dalam bahasa inggris dikenal dengan “assessment”, yang berarti menilai sesuatu. Menurut Djaali dan Pudji Muljono (2007) mengatakan bahwa penilaian berarti mengambil keputusan terhadaap sesuatu dengan mengacu pada ukuran tertentu seperti menilai baik atau buruk, sehat atau sakit, pandai atau bodoh, tinggi atau rendah dan lain sebagainya. Menurut Ign Masidjo (1995), penilaian adalah suatu kegiatan membandingkan  hasil pengukuran sifat dengan acuan yang relevan sehingga diperoleh kuantitas suatu objek yang bersifat kualitatif, sedangkan menurut Griffin dan Nix (1991), penilaian merupakan suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu.
Penilaian adalah suatu proses atau tindakan untuk menentukan nilai dari sesuatu. Jadi dapat dijelaskan bahwa penilaian adalah kegiatan atau proses untuk mentukan kualitas atau mutu dari sesuatu, atau untuk memberikan jawaban atas pertanyaan (What value?). atau penilaian juga dapat disimpulkan sebagai kegiatan membandingkan atau menerapkan hasil pengukuran untuk memberikan nilai terhadap objek penilaian dalam konteks pembelajaran.

3.      Evaluasi
Evaluasi dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah “evaluation”. Evaluasi secara umum dapat diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (tujuan, kegiatan, keputusan, untuk kerja, proses, orang, ataupun objek) berdasarkan kriteria tertentu.
Evaluasi pendidikan adalah proses atau kegiatan untuk mengukur dan menilai kemampuan siswa dalam pembelajaran seperti pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk membuat keputusan tentang status kemampun siswa tersbut.
Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa perbedaan antara pengukuran, penilaian, dan evaluasi adalah :
Pengukuran adalah suatu proses atau tindakan untuk menentukan luas atau kuantitas dari sesuatu. Untuk penilainan, Ruang lingkup penilaian lebih sempit dan biasanya hanya terbatas pada salah satu komponen atau aspek saja, seperti prestasi belajar peserta didik, sedangkan ruang lingkup evaluasi lebih luas, mencakup semua komponen dalam suatu sistem (sistem pendidikan, sistem kurikulum, sistem pembelajaran).
Agar lebih jelas perbedaaanya maka perlu dispesifikasi lagi untuk pengertian masing-masing secara lebih ringkas sebagaai berikut :
a.       Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria judgment antara tindakan dalam pembelajaran.
b.      Penilaian dalam pembelajaran adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, menyeluruh tentng proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar.
c.       Pengukuran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numerik.
Dari pengertian diatas, maka sudah jelas bahwa pengukuran, penilaian dan evaluasi merupakan tiga konsep yang berbedanamun demikian dalam prakteknya dalam dunia pendidikan ketiga konsep tersebut sering dipraktikkan dalam satu rangkaian kegiatan dan ketiga rangkaian tersebut bersebut hierarki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas UAS TIK

Janganlah Lukai Perkembangan Psikologi Anak  Perkembangan psikologi anak usia dini sangat lah penting. Dimana anak banyak menirukan sesuatu...