Media Pembelajaran Matematika Di SD/MI
Dekak FPB
dan KPK
Dosen pengampu : Yunita Wildaniati
M.Pd
Kelompok 1 :
1.
Fani Septiana (1501050074)
2.
Lina Latifah (1501050029)
3.
Nur Cahyono (1501050088)
PGMI
B
FAKULTAS TARBIYAH
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
PROGRAM SARJANA (S1)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO
SEMESTER IV 2017/2018
ALAT PERAGA DEKAK FPB DAN KPK
A.
Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
FPB (faktor persekutuan terbesar) adalah bilangan yang dapat
membagi habis suatu bilangan yang nilainnya sama dan terbesar. Terdapat
beberapa metode untuk mencari FPB, yaitu:
1.
Menggunakan
faktor persekutuan
Faktor persekutuan merupakan faktor yang sama dari dua bilangan
atau lebih dan FPB itu sendiri adalah nilai paling besar dari faktor
persekutuan dua bilangan atau lebih itu.
2.
Menggunakan
faktorisasi prima
Pada cara ini kita ambil bilangan faktor yang sama, selanjutnya
ambil yang terkecil dari 2 atau lebih bilangan.
B.
Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)
KPK (kelipatan persekutuan terkecil) adalah hasil kali bilangan
asli dengan bilangan tersebut yang nilainya sama dan terkecil. Dalam mencari
nilai KPK dari bilangan dapat digunakan beberapa metode, antara lain:
1.
Menggunakan
kelipatan persekutuan
Kelipatan persekutuan merupakan kelipatan yang sama dari dua
bilangan atau lebih. KPK adalah nilai terkecil dari kelipatan persekutuan 2
atau lebih bilangan.
2.
Menggunakan
faktorisasi prima
Hal yang harus dilakukan dalam mencari KPK menggunakan cara
faktorisasi prima yaitu mengalikan semua bilangan faktor dan apabila ada yang
sama ambil yang terbesar, apabila keduanya sama ambil salah satunya.
C.
Tujuan Pembuatan
Memudahkan perhitungan dan mengajak peserta didik untuk berfikir
realistic dalam mencari nilai FPB dan KPK.
D.
Alat dan Bahan
a.
Alat
Ø Gunting
Ø Penggaris
Ø Pisau / cutter
Ø Spidol
Ø Obeng
Ø Pembuat lubang kertas
b.
Bahan
Ø Triplek
Ø Sterofom
Ø kawat
Ø Kertas karton
Ø Pipet / sedotan
Ø Lidi
Ø Lakban
Ø Lem
E.
Langkah – langkah Pembuatan
1.
Siapkan
alat – alat yang sudah disediakan
2.
Sediakan
sebuat triplek berukuran 70cm x 50cm sebagai bidang dasar
3.
Bungkus
triplek tersebut dengan menggunakan kertas karton
4.
Ambillah
sterofom, lalu potong membentuk balok
5.
Dan
buatlah lubang sebanyak 10 buah diatas sterofom tersebut dengan menggunakan
obeng
6.
Potong
pipet / sedotan menjadi 4 bagian sama panjang
7.
Tancapkan
lidi lalu lapisi pipet / sedotan ke dalam lubang sterofom berbentuk balok tersebut
8.
Lalu
tempelkan balok yang berisi pipet tadi ke bidang dasar ( triplek )
9.
Untuk
lembar pencarian, buatlah dari kertas karton dan beri nomor dari 1 - 100
10.
Kemudian gantung pada bidang dasar menggunakan
kawat
11.
Lalu buat juga lembar kerjanya dari kertas
karton
12.
Setelah
itu tempelkan daftar perkalian di samping kanan pada bidang dasar yang gunanya
untuk mempermudah siswa mencari faktor bilangan
13.
Selanjutnya buatlah cincin – cincin penanda
perhitungan FPB dan KPK dari karton atau majalah bekas
14.
Kemudian
tulis judul “DEKAK FPB & KPK” seindah mungkin sebelah kiri samping
15.
Yang
terakhir tempel hiasan atau gambar gambar lucu agar menarik siswa.
16.
Alat
peraga DEKAK FPB DAN KPK siap di gunakan.
F.
Cara Penggunaan
Dalam alat peraga dekak FPB dan KPK sebelumnya siswa siswi sudah
memahami konsep perkalian dan pembagian.
Mintalah siswa siswi untuk menentukan angka perhitungan FPB dan
KPK. Misal, siswa ingin mencari FPB dan KPK dari 6, 8, 12
FPB
Arti dari FPB adalah faktor persekutuan terbesar, karena faktor
kita mencari hasil bagi dari 6, 8, 12 tersebut dengan menggunakan daftar
perkalian agar mudah dan faktor yang terbesar merupakan nilai FPB. Lalu, kita
letakkan cincin penanda disetiap hasil bagi dari bilangan-bilangan tersebut.
Jika ada cincin terletak pada garis yang sama maka itulah nilai FPB nya.
Kita temukan bahwa nilai FPB dari 6, 8, 12 adalah 2.
KPK
Arti dari KPK adalah kelipatan persekutuan terkecil, karena
kelipatan, 3 maka kita mencari kelipatan dari 6, 8, 12 dan kelipatan terkecil
yang sama pada tiap bilangan tersebut merupakan nilai KPK. Lalu, kita letakkan
cincin-cincin penanda pada setiap kelipatan 6, 8, 12. Jika kita belum menemukan
cincin penanda terletak pada garis yang sama maka kita lanjutkan ke angka
berikutnya. Jika belum ada, kita lanjutkan kembali ke angka berikutnya. Jika
ada cincin penanda terletak pada garis yang sama maka itulah nilai KPK nya.
Jadi, nilai KPK dari 6, 8, 12 adalah 24.
Terima kasih.
G.
Dokumentasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar