Jenis Pendekatan Pembelajaran
1. Pendekatan
pembelajaran berorientasi pada guru (teacher centered approaches)
Pendekatan
pembelajaran berorientsi pada guru yaitu pembelajaran yang menempatkan siswa
sebagai objek dalam belajar dan kegiatan belajar bersifat klasik. Dalam
pendekatan ini guru menempatkan diri sebagai orang ynag serba tahu dan sebagai
satu-satunya sumber belajar.Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru
memiliki ciri bahwa manajemen dan pengelolahan pembelajaran ditentukan
sepenuhnya oleh guru. Peran siswa pada pendekatan ini hanya melakukan aktivitas
sesuai dengan petunjuk guru. Siswa hampir tidak memiliki kesempatan untuk
melakukan aktivitas sesuai dengan minat dan keinginannya.
Selanjutnya
pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru menurunkan strategi
pembelajaran langsung( ditect intruction), pembelajaran deduktif atau
pembelajaran ekspositori. Pada strategi ini peran guru sangat menentukan baik
dalam pilihan isi atau materi pembelajaran maupun penentuan proses
pembelajaran.
2. Pendekatan
pembelajaran berorientasi pada siswa (student centered approaches)
Pendekatan
pembelajaran berorientasi pada siswa adalah pendekatan pembelajaran yang
menempatkan siswa sebagai subjek belajar
dan kegiatan belajar bersifat modern. Pendekatan pembelajaran yang berorientasi
pada siswa, manajenen dan pengelolahannya ditentukan oleh siswa. Pada
kesempatan ini siswa memiliki kesempatan yang terbuka untuk melakukan
kreativitas dan mengembangkan potensinya melalui aktivitas secara langsung
sesuai dengan minat dan keinginannya.
Pendekatan ini,
selanjutnya menurunkan strategi pembelajaran discovery and inkuiry serta strategi
pembelajaran induktif yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pada
strategi ini peran guru lebih
menempatkan diri sebagai fasilitator, pembimbing sehingga kegiatan belajar
siswa menjadi lebih terarah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar