Sabtu, 21 Oktober 2017

jenis pendekatan pembelajaran



Jenis Pendekatan Pembelajaran

1.    Pendekatan pembelajaran berorientasi pada guru (teacher centered approaches)
Pendekatan pembelajaran berorientsi pada guru yaitu pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai objek dalam belajar dan kegiatan belajar bersifat klasik. Dalam pendekatan ini guru menempatkan diri sebagai orang ynag serba tahu dan sebagai satu-satunya sumber belajar.Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru memiliki ciri bahwa manajemen dan pengelolahan pembelajaran ditentukan sepenuhnya oleh guru. Peran siswa pada pendekatan ini hanya melakukan aktivitas sesuai dengan petunjuk guru. Siswa hampir tidak memiliki kesempatan untuk melakukan aktivitas sesuai dengan minat dan keinginannya.
Selanjutnya pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung( ditect intruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Pada strategi ini peran guru sangat menentukan baik dalam pilihan isi atau materi pembelajaran maupun penentuan proses pembelajaran.
2.    Pendekatan pembelajaran berorientasi pada siswa (student centered approaches)
Pendekatan pembelajaran berorientasi pada siswa adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan siswa  sebagai subjek belajar dan kegiatan belajar bersifat modern. Pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada siswa, manajenen dan pengelolahannya ditentukan oleh siswa. Pada kesempatan ini siswa memiliki kesempatan yang terbuka untuk melakukan kreativitas dan mengembangkan potensinya melalui aktivitas secara langsung sesuai dengan minat dan keinginannya.
Pendekatan ini, selanjutnya menurunkan strategi pembelajaran discovery and inkuiry serta strategi pembelajaran induktif yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pada strategi ini peran  guru lebih menempatkan diri sebagai fasilitator, pembimbing sehingga kegiatan belajar siswa menjadi lebih terarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas UAS TIK

Janganlah Lukai Perkembangan Psikologi Anak  Perkembangan psikologi anak usia dini sangat lah penting. Dimana anak banyak menirukan sesuatu...